Tips Mengendalikan Kartu Kredit

Kasus kesulitan dalam membayar (baca: mengontrol) tagihan kartu kredit bukanlah hal baru, namun tetap saja terjadi, dan bahkan menelan korban jiwa akibat kekerasan yang dilakukan oleh pihak bank (atau yang terkait) kepada nasabahnya.

Beberapa tips agar lebih bijak menggunakan kartu kredit:

  1. Gunakan kartu kredit untuk saat darurat.
  2. Gunakan kartu kredit sebagai pengganti dana yang telah dimiliki, bukan penambah dana. Artinya, kartu kredit adalah utang yang harus Anda bayar, dan bukan rezeki/berkah yang tiba-tiba datang dalam bentuk uang.
  3. Kalaupun digunakan untuk konsumsi, pastikan untuk selalu membayar lunas sebelum terkena bunga. Kalau sudah terlanjur terkena bunga, segera lunasi semua tagihan tersebut.
Dikatakan 'mengontrol' di atas maksudnya adalah jangan cuma asal membayar tagihan, tapi juga harus bisa mengontrol jumlah uang yang akan ditagihkan kepada kita. Dengan kata lain, kita harus mengontrol pemakaian kartu kredit agar nanti tagihannya tidak memberatkan kita.

Kalau kita cuma sekedar membayar tagihan, apalagi sebatas minimum payment, tagihan tidak akan pernah lunas, karena bunga terus bertambah. Apalagi kalau sudah lewat jatuh tempo, selain kena bunga, kena denda pula. Tagihan makin membengkak. Lebih aman adalah membayar langsung jumlah yang tertagih. Atau paling tidak, jika jumlahnya agak besar, bisa hanya dicicil 2-3x pembayaran. Usahakan hutang kita cepat lunas, jika tidak hutang akan melilit dan mencekik kita.

Bagaimana kalau tagihannya terlalu besar dan kita tidak sanggup bayar langsung lunas atau cicil tidak lebih dari 3x? Berarti kita salah perhitungan dan tidak menuruti tips nomor 2. Siap-siap aja keteteran bayar tagihan kalau terlalu sering menggunakan kartu kredit, apalagi dalam jumlah besar.

Intinya jangan mengandalkan kartu kredit untuk membayar segala keperluan kita. Pikir-pikir dulu sebelum menggesek kartu, apa barang yang ingin kita beli itu sangat kita perlukan? Apa harganya sesuai dengan budget atau kondisi keuangan kita? Apa masih ada tagihan/hutang yang belum lunas? Nanti tagihannya jadi beban berat atau tidak? Bagaimana cara membayarnya? dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.

Sumber : greyskymorning.multiply.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Aneka Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger