Berpikir Positif

Artikel Enerlife:
Menumbuhkan Pikiran Positif

Seseorang yang berpikir positif akan terus menghasilkan buah pikiran
yang positif pula. Yang nantinya akan menimbulkan harapan,
optimisme, dan kreatifitas. Dengan cara demikian, ia membuat
lingkungan sekitarnya bergerak secara positif sehingga ia cenderung
mendapatkan hasil yang positif pula. Untuk meraih keberhasilan,
orang harus selalu memiliki motivasi untuk maju dan tidak mudah
menyerah takkala menghadapi percobaan.

M. Marcus A., filsuf dan kaisar Roma dalam tulisannya, ‘Meditation’,
menyatakan hidup kita adalah bagaimana pikiran kita  mewujudkannya. Jadi, berpikir positif adalah cara membuat hidup menjadi positif atau melihat segala sesuatu yang lebih memberikan motivasi. Akan tetapi, berpikir positif bukan berarti memiliki keyakinan berlebihan yang tanpa menggunakan perhitungan.

Namun di sini lebih ditekankan pada cara menilai kembali segala sesuatu dengan menekankan pada segi yang positif. Beberapa hal di antaranya adalah :

1. Jangan biarkan kecemasan terjadi.
Bayangkan akibat terburuk yang mungkin terjadi bila anda cenderung mudah khawatir bahwa segala sesuatu tidak akanberjalan sesuai dengan yang anda harapkan. Bayangkanlah akibat terburuk yang mungkin terjadi dengan bertanya kepada diri sendiri.Anda akan merasa lebih tenang dengan menerimanya bahwa semua itu bukan akhir dari segalanya.Pikirkanlah cara-cara untuk membuat keadaan lebih baik. Sekali anda mulai bertindak, anda tidak akan mempunyai waktu untuk memikirkan kekhawatiran. Dalam hal ini anda pun perlu mempunyai waktu untuk memikirkan kekhawatiran. Dalam hal ini anda pun perlu memperhitungkan apakah kekhawatiran anda memang masuk akal.Jangan biarkan diri anda dilanda kecemasan yang terlalu kecil
kemungkinannya akan terjadi! Ingatlah, terkadang kita membayangkan malapetaka yang belum tentu terjadi!

2. Terimalah ketidakmampuan kita.
Lihatlah segala sesuatu secara khusus. Jangan disamaratakan! Sudah sewajarnya bila kita memiliki suatu hal yang tidak mampu kita kerjakan dengan baik. Oleh karena itu, kita tidak perlu menyamaratakan. Jangan sampai ketidakmampuan kita melakukan suatu hal membuat kita merasa tidak mampu melakukan hal lain. Terkadang kita cenderung membesar-besarkan sesuatu hal dari yang sebenarnya.

3. Lakukan sebaik mungkin.
Lakukan sebaik mungkin lalu terimalah bagaimanapun hasilnya! Bila anda telah berusaha mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah dengan segenap kemampuan anda, hadapilah apa pun yang
akan terjadi bahkan hal yang paling kritis sekalipun. Anda harus menyadari bahwa berpikir positif tidak berarti satu penyelesaian sesudah itu selesai. Jika pertama anda gagal, coba, coba, dan coba lagi.

4. Akui prestasi anda!
Jika hasil pekerjaan anda memang baik, akuilah! Kita semua mudah merasa tidak enak jika mengalami kegagalan. Jadi, mengapa tidak merasa senang jika berhasil? Terimalah dengan senang hati jika seseorang memuji anda! Cara terbaik menerima pujian tanpa menjadi sombong adalah cukup dengan mengucapkan terima kasih.

Sumber : www.inspirasidaily.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Aneka Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger